HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Sejarah Pengadilan Negeri

page

Sejarah Pengadilan

Di halaman ini dijelaskan mengenai sejarah Pengadilan Negeri Amurang                                                                                                                                                       

Pengadilan Negeri Amurang terbentuk sejak adanya Keputusan Presiden RI Nomor : 3 Tahun 2008 tanggal 26 Januari 2008, tentang pembentukan suatu Satuan Kerja Baru dibidang peradilan umum yaitu Pengadilan Negeri Amurang.

Pengadilan Negeri Amurang diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 03 Desember 2008 di Palembang yang mencakup wilayah hukumnya mencakup Kabupaten Minahasa Selatan.

Pada tanggal 15 Desember 2008 bertempat di Auditorium Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan di Amurang, telah dilantik Ketua Pengadilan Negeri Amurang yang pertama, dan pada awal bulan Januari 2009 disusul pelantikan para pejabat struktural dan fungsional yaitu : Panitera Sekretaris, Wakil Panitera ,Wakil Sekretaris, Panitera Muda Perdata, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Pidana, Kaur Kepegawaian, Kaur Keuangan, Kaur Umum, Panitera Pengganti dan Jurusita. Adapun bangunan yang dijadikan sebagai kantor oleh Pengadilan Negeri Amurang adalah menggunakan gedung Ex-Zitting Plaazt lama Pengadilan Negeri Tondano di Amurang, dan pada tahun anggaran 2010 barulah dimulai pembangunan gedung kantor yang baru tahap pertama dan akan dilanjutkan pada tahap kedua Tahun anggaran 2011 sampai selesai dan telah diresmikan pada tanggal 31 Januari 2012 secara serta menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya dan tugas lain yang diberikan kepadanya berdasarkan peraturan perundang-undangan. (OY/ss)